oleh: Ustadz Abdullah Faqih
Muballigh LDNU Bontang


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Bismillahirrohmanirrohim.

Hamdan wa Syukron lillah sholatan wa salaman ala rosulillah wa ala alihi wa ashabihi wa manwalah  yang mudah-mudahan semuanya senantiasa mendapat rahmat dari Allah subhanahu wa ta'ala amin amin ya robbal alamin.

Ada sebuah hadis yang pernah disampaikan oleh Baginda Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, yang artinya "Bila mengenai masalah dunia maka lihatlah kepada orang yang ada di bawah derajat kemampuan kalian dan bila mengenai masalah akhirat maka lihatlah kepada orang yang ada di atas derajat kemampuan kalian"

Apa tujuannya Rasulullah memerintahkan kita untuk selalu melihat kebawah bila masalah dunia ?tujuannya cuman satu biar timbul rasa syukur dan terima kasih penuh kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Contohnya kita oleh Allah ditakdirkan bisa punya mobil atau motor, maka lihatlah kepada orang yang ada di bawah kita, saya ucapkan alhamdulillah daripada tetangga saya cuman punya sepeda pancal. Yang punya sepeda pancal pun disuruh bersyukur kepada Allah dengan melihat kepada orang yang ada di bawahnya saya ucapan Alhamdulillah daripada tetangga saya mondar-mandir ke mana-mana sampai Kakinya bengkak jalan kaki. Bahkan yang jalan kaki pun disuruh bersyukur kepada Allah dengan melihat ke bawah, ucapan Alhamdulillah daripada tetangga saya tiap harinya ngelamun duduk di atas kursi roda, bahkan yang lumpuh pun tidak henti-hentinya untuk disuruh bersyukur kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dengan melihat ke bawah ucapan Alhamdulillah saya masih diberi kelumpuhan oleh Allah makan masih enak tidur masih nyenyak kumpul sama suami istri masih terasa enak daripada tetangga saya sudah mati tidak bisa balik lagi. Sampai segitunya kita disuruh bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Selain ucapan Alhamdulillah, wujud syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala yaitu menggunakan nikmat yang diberikan Allah kepada kita, demi mendapat ridho Allah.

Bila kita oleh Allah ditakdirkan bisa punya mobil atau motor pergunakan motor ini ke jalan yang diridhoi Allah, di jalan yang bernilai pahala. Pergunakan untuk datang memenuhi panggilan Allah ke masjid, salat berjamaah, silaturahim jenguk orang sakit dan lain sebagainya. Itulah hakikat dari  syukur itu sendiri.

Pemirsa yang dirahmati Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Manusia hidup di dunia tanpa didasari dengan syukur kepada Allah, maka manusia di dunia dengan harta lebih buas daripada binatang yang paling ganas sekali pun. Sudah punya rumah pribadi jumlahnya 2, ada yang punya kendaraan pribadi jumlahnya 3 Semuanya serba pribadi dada yang ngontrak dari yang nyewa, bahkan ada yang punya istri pribadi 2 tidak ada puas puasnya kalau ndak didasari dengan syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Manusia seperti itu bisanya bersyukur kalau memang sudah punya keranda pribadi, baru dia merasakan kepuasan. Artinya apa, innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Mati baru puas.

Pemirsa yang Budiman, kalau masalah dunia kita melihat kepada orang yang ada di atas kemampuan kita, maka yang timbul bukan rasa syukur lagi, melainkan Apa, Iri hati keinginan tak tercapai sakit hati Iman melayang bisa jadi bunuh diri. Itulah hebatnya dunia bisa menjerumuskan manusia ke lembah yang sangat amat ini yaitu hilangnya nyawa mati. Menurut bahasa Akhir Zaman ini timbulnya iri hati sakit hati bahkan berujung kepada bunuh diri ini biasa timbulnya dari SMS, artinya apa senang melihat orang susah susah melihat orang senang. Ada tetangga beli kulkas baru kirimkan gigil kedinginan, ada tetangga beli kompor baru dirinya kepanasan ada tetangga beli motor baru mulutnya kemana-mana kayak knalpot rusak, itu timbulnya dari SMS yang harus kita jauhi jauh-jauh.

Yang semestinya kita tanamkan dan kita amalkan dalam kepribadian kita hidup di dunia adalah SMS senang melihat orang senang susah melihat orang susah. Kalau kita masih senang melihat orang susah dan susah melihat orang senang insya Allah kita akan mendapat gelar S3 sukpek, stres, struk mati ujungnya.

Maka jauhilah SMS seperti itu, yang kedua kalau urusan akhirat maka lihat kepada orang yang ada di atas kemampuan kita. Apa tujuannya cuman satu biar timbul rasa semangat dan kiat untuk selalu menambah kualitas ibadah kita. Kita contoh seumpama kita sudah rajin salat berjamaah 5 waktu Jangan Alhamdulillah, maka Subhanallah masih cuman ini yang bisa aku persembahkan untukmu Ya Allah. padahal orang tuaku kakek nenekku tetanggaku tapi itu dia itu bukan cuma salat berjamaah 5 waktu, melakukan berbagai macam salat yang mampu mengerjakan mulai dari salat awwabin salat hajat, salat tasbih dan lain sebagainya. Ya Allah berilah aku kemampuan melebihi kemampuan yang mereka. Itu yang pantas kita ucapkan.

Kalau urusan akhirat kita melihat kepada orang yang ada di bawah kita yang timbul bukan rasa semangat menambah kualitas ibadah melainkan sombong sombong masalah ibadah itu nggak boleh apalagi sombong masalah harta apalagi sombong masalah pangkat dan jabatan yang kita sandang sifatnya sementara hidup di dunia. Ini Justru lebih tidak boleh.

Di surga itu ada undang-undangnya, surga engkau haram dimasuki orang  sombong dan bakhil.

Ada sepasang suami istri yang kehidupan yang serba mewah semua fasilitas dia punya apa yang tidak dia punya semuanya ada karena dialah orang yang paling kaya raya. Pada suatu hari pas hujan-hujan ada orang ketok ketok pintu, tok tok tok dibukakan pintu di jawabnya Waalaikumsalam oleh istrinya . Kemudian setelah menjawab salam istrinya lapor kepada suaminya wahai suamiku kasihan diluar itu ada pengemis hujan-hujan perutnya keroncongan sampai terdengar di telingaku bilangnya 3 sampai 4 hari tidak makan Kasihan dia. Apa kayak si seorang suami dari dilaporin istri seperti itu langsung suami tadi mendatangi pengemis yang di depan pintu pas hujan-hujan memaki-maki marah-marah dan bilang, pengemis kamu kalau mau makan kerja, aku jadi orang paling kaya raya seperti ini hasil kerja keras hasil banting tulang ku hasil keringatku, enggak kayak kamu kerjaannya minta minta beli. Bahkan pengemis tadi dia itu kayak orang pengemis. Apa kamu gak pernah dengar Rasulullah pernah bersabda Tangan diatas lebih mulia daripada tangan dibawah.

Pemirsa yang budiman. Kadang kita kepada pengemis itu sukdhon, pengemis ini modus, pengemis ini punya motor Punya mobil punya rumah tingkat dan lain sebagainya. Kalau kita mau ngasih dikasih kalau nggak mau ngasih Monggo ditolak dengan secara halus nggak usah lah kita maki-maki seperti itu.

Apa yang terjadi akhir nya seorang istri itu tadi ngomong sama suami wahai suamiku rasa rasakan dari dulu sampai sekarang sifat sombong dan tidak hilang-hilang, pemirsa yang Budiman orang yang sombong tapi lumayan bisa diambil manfaatnya, ada orang yang sombong juga lumayan, ini seorang suami sudah juga sombong yang bisa diambil manfaatnya. Istrinya bilang, kayak kayaknya aku hidup sama kamu diteruskan dak kuat aku Mas Ceraikan Saja aku. Istri minta cerai kepada suaminya. Apa jawabnya suaminya al-hamdulilla kenapa baru sekarang kamu ngomong dek, Dari dulu aku cari wajah satu kayak kamu jangan kan 1000 macam mudah dan gampang untuk mendapatkan.

Sombongnya seorang suami, dan akhirnya terjadi perceraian. Selang beberapa Minggu bulan tahun demi tahun. Setelah melaksanakan kerja yang baru, di cerita dia bertemu dengan sosok pemuda yang ganteng gagah Brewok itunya mantun putih, ingin meminang seorang janda. Saya siap jadi istrimu Mas asal engkau bisa memilih satu persyaratan. Apa syaratnya, jangan sampai engkau menjadi orang yang sombong dan bakhil, aku paling anti dengan orang yang sombong dan bakhil itu. Siap Komandan Siap deh.

Akhirnya terjadi pernikahan selama beberapa Minggu bulan tahun demi tahun keluarganya bahagia sakinah mawaddah warahmah, tiba-tiba pas hujan-hujan ada orang ketok ketok pintu di depan pintu dibukanya, Waalaikumsalam. Kemudian istrinya bilang sama suaminya yang di luar pengemis kehujanan perutnya keroncongan kedinginan bahkan dia belum makan. Istriku bisa diambilkan makan dan ambilkan uang. Pengemis walaupun hujan hujan keluar dan pulang dengan keadaan cengar-cengir senyam-senyum, kenapa seperti itu karena apa yang diinginkan tercapai perut kenyang dapat tapi apa yang terjadi setelahiyu, Istri lari masuk ke dalam kamarnya nangis-nangis teriak-teriak . Suaminya tanya ada apa ini sebenarnya. Dijawab sama istrinya wahai suamiku bagaimana saya ndak Nangis bagaimana saya nggak teriak, pengemis di depan pintu adalah mantan suami yang sombong dan bakhil itu.

Kalau Allah sudah mentakdirkan merubah nasib seorang hamba ini semudah membalikan telapak tangan. Orang miskin jadi orang kaya, yang kaya Jadilah orang kaya yang dermawan yang tidak sombong, yang miskin jangan putus asa jangan patah semangat, selalu dan terus menerus berusaha untuk menjadi orang kaya yang dermawan. apa kata suaminya Ya Sudahlah tidak usah diinget-inget ndak usah dipikirin gak usah nangis, nggak usah nyesel dulu pengemis yang diusir oleh mantan suami itu aku.

Mudah-mudahan diberik kemudahan oleh Allah subhanahu wa ta'ala untuk bisa mengamalkannya. Amin amin ya robbal alamin.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Masalah dunia lihatlah pada yang berada di bawah, maka engkau akan bersyukur




oleh: Ustadz Abdullah Faqih
Muballigh LDNU Bontang


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Bismillahirrohmanirrohim.

Hamdan wa Syukron lillah sholatan wa salaman ala rosulillah wa ala alihi wa ashabihi wa manwalah  yang mudah-mudahan semuanya senantiasa mendapat rahmat dari Allah subhanahu wa ta'ala amin amin ya robbal alamin.

Ada sebuah hadis yang pernah disampaikan oleh Baginda Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, yang artinya "Bila mengenai masalah dunia maka lihatlah kepada orang yang ada di bawah derajat kemampuan kalian dan bila mengenai masalah akhirat maka lihatlah kepada orang yang ada di atas derajat kemampuan kalian"

Apa tujuannya Rasulullah memerintahkan kita untuk selalu melihat kebawah bila masalah dunia ?tujuannya cuman satu biar timbul rasa syukur dan terima kasih penuh kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Contohnya kita oleh Allah ditakdirkan bisa punya mobil atau motor, maka lihatlah kepada orang yang ada di bawah kita, saya ucapkan alhamdulillah daripada tetangga saya cuman punya sepeda pancal. Yang punya sepeda pancal pun disuruh bersyukur kepada Allah dengan melihat kepada orang yang ada di bawahnya saya ucapan Alhamdulillah daripada tetangga saya mondar-mandir ke mana-mana sampai Kakinya bengkak jalan kaki. Bahkan yang jalan kaki pun disuruh bersyukur kepada Allah dengan melihat ke bawah, ucapan Alhamdulillah daripada tetangga saya tiap harinya ngelamun duduk di atas kursi roda, bahkan yang lumpuh pun tidak henti-hentinya untuk disuruh bersyukur kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dengan melihat ke bawah ucapan Alhamdulillah saya masih diberi kelumpuhan oleh Allah makan masih enak tidur masih nyenyak kumpul sama suami istri masih terasa enak daripada tetangga saya sudah mati tidak bisa balik lagi. Sampai segitunya kita disuruh bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Selain ucapan Alhamdulillah, wujud syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala yaitu menggunakan nikmat yang diberikan Allah kepada kita, demi mendapat ridho Allah.

Bila kita oleh Allah ditakdirkan bisa punya mobil atau motor pergunakan motor ini ke jalan yang diridhoi Allah, di jalan yang bernilai pahala. Pergunakan untuk datang memenuhi panggilan Allah ke masjid, salat berjamaah, silaturahim jenguk orang sakit dan lain sebagainya. Itulah hakikat dari  syukur itu sendiri.

Pemirsa yang dirahmati Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Manusia hidup di dunia tanpa didasari dengan syukur kepada Allah, maka manusia di dunia dengan harta lebih buas daripada binatang yang paling ganas sekali pun. Sudah punya rumah pribadi jumlahnya 2, ada yang punya kendaraan pribadi jumlahnya 3 Semuanya serba pribadi dada yang ngontrak dari yang nyewa, bahkan ada yang punya istri pribadi 2 tidak ada puas puasnya kalau ndak didasari dengan syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Manusia seperti itu bisanya bersyukur kalau memang sudah punya keranda pribadi, baru dia merasakan kepuasan. Artinya apa, innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Mati baru puas.

Pemirsa yang Budiman, kalau masalah dunia kita melihat kepada orang yang ada di atas kemampuan kita, maka yang timbul bukan rasa syukur lagi, melainkan Apa, Iri hati keinginan tak tercapai sakit hati Iman melayang bisa jadi bunuh diri. Itulah hebatnya dunia bisa menjerumuskan manusia ke lembah yang sangat amat ini yaitu hilangnya nyawa mati. Menurut bahasa Akhir Zaman ini timbulnya iri hati sakit hati bahkan berujung kepada bunuh diri ini biasa timbulnya dari SMS, artinya apa senang melihat orang susah susah melihat orang senang. Ada tetangga beli kulkas baru kirimkan gigil kedinginan, ada tetangga beli kompor baru dirinya kepanasan ada tetangga beli motor baru mulutnya kemana-mana kayak knalpot rusak, itu timbulnya dari SMS yang harus kita jauhi jauh-jauh.

Yang semestinya kita tanamkan dan kita amalkan dalam kepribadian kita hidup di dunia adalah SMS senang melihat orang senang susah melihat orang susah. Kalau kita masih senang melihat orang susah dan susah melihat orang senang insya Allah kita akan mendapat gelar S3 sukpek, stres, struk mati ujungnya.

Maka jauhilah SMS seperti itu, yang kedua kalau urusan akhirat maka lihat kepada orang yang ada di atas kemampuan kita. Apa tujuannya cuman satu biar timbul rasa semangat dan kiat untuk selalu menambah kualitas ibadah kita. Kita contoh seumpama kita sudah rajin salat berjamaah 5 waktu Jangan Alhamdulillah, maka Subhanallah masih cuman ini yang bisa aku persembahkan untukmu Ya Allah. padahal orang tuaku kakek nenekku tetanggaku tapi itu dia itu bukan cuma salat berjamaah 5 waktu, melakukan berbagai macam salat yang mampu mengerjakan mulai dari salat awwabin salat hajat, salat tasbih dan lain sebagainya. Ya Allah berilah aku kemampuan melebihi kemampuan yang mereka. Itu yang pantas kita ucapkan.

Kalau urusan akhirat kita melihat kepada orang yang ada di bawah kita yang timbul bukan rasa semangat menambah kualitas ibadah melainkan sombong sombong masalah ibadah itu nggak boleh apalagi sombong masalah harta apalagi sombong masalah pangkat dan jabatan yang kita sandang sifatnya sementara hidup di dunia. Ini Justru lebih tidak boleh.

Di surga itu ada undang-undangnya, surga engkau haram dimasuki orang  sombong dan bakhil.

Ada sepasang suami istri yang kehidupan yang serba mewah semua fasilitas dia punya apa yang tidak dia punya semuanya ada karena dialah orang yang paling kaya raya. Pada suatu hari pas hujan-hujan ada orang ketok ketok pintu, tok tok tok dibukakan pintu di jawabnya Waalaikumsalam oleh istrinya . Kemudian setelah menjawab salam istrinya lapor kepada suaminya wahai suamiku kasihan diluar itu ada pengemis hujan-hujan perutnya keroncongan sampai terdengar di telingaku bilangnya 3 sampai 4 hari tidak makan Kasihan dia. Apa kayak si seorang suami dari dilaporin istri seperti itu langsung suami tadi mendatangi pengemis yang di depan pintu pas hujan-hujan memaki-maki marah-marah dan bilang, pengemis kamu kalau mau makan kerja, aku jadi orang paling kaya raya seperti ini hasil kerja keras hasil banting tulang ku hasil keringatku, enggak kayak kamu kerjaannya minta minta beli. Bahkan pengemis tadi dia itu kayak orang pengemis. Apa kamu gak pernah dengar Rasulullah pernah bersabda Tangan diatas lebih mulia daripada tangan dibawah.

Pemirsa yang budiman. Kadang kita kepada pengemis itu sukdhon, pengemis ini modus, pengemis ini punya motor Punya mobil punya rumah tingkat dan lain sebagainya. Kalau kita mau ngasih dikasih kalau nggak mau ngasih Monggo ditolak dengan secara halus nggak usah lah kita maki-maki seperti itu.

Apa yang terjadi akhir nya seorang istri itu tadi ngomong sama suami wahai suamiku rasa rasakan dari dulu sampai sekarang sifat sombong dan tidak hilang-hilang, pemirsa yang Budiman orang yang sombong tapi lumayan bisa diambil manfaatnya, ada orang yang sombong juga lumayan, ini seorang suami sudah juga sombong yang bisa diambil manfaatnya. Istrinya bilang, kayak kayaknya aku hidup sama kamu diteruskan dak kuat aku Mas Ceraikan Saja aku. Istri minta cerai kepada suaminya. Apa jawabnya suaminya al-hamdulilla kenapa baru sekarang kamu ngomong dek, Dari dulu aku cari wajah satu kayak kamu jangan kan 1000 macam mudah dan gampang untuk mendapatkan.

Sombongnya seorang suami, dan akhirnya terjadi perceraian. Selang beberapa Minggu bulan tahun demi tahun. Setelah melaksanakan kerja yang baru, di cerita dia bertemu dengan sosok pemuda yang ganteng gagah Brewok itunya mantun putih, ingin meminang seorang janda. Saya siap jadi istrimu Mas asal engkau bisa memilih satu persyaratan. Apa syaratnya, jangan sampai engkau menjadi orang yang sombong dan bakhil, aku paling anti dengan orang yang sombong dan bakhil itu. Siap Komandan Siap deh.

Akhirnya terjadi pernikahan selama beberapa Minggu bulan tahun demi tahun keluarganya bahagia sakinah mawaddah warahmah, tiba-tiba pas hujan-hujan ada orang ketok ketok pintu di depan pintu dibukanya, Waalaikumsalam. Kemudian istrinya bilang sama suaminya yang di luar pengemis kehujanan perutnya keroncongan kedinginan bahkan dia belum makan. Istriku bisa diambilkan makan dan ambilkan uang. Pengemis walaupun hujan hujan keluar dan pulang dengan keadaan cengar-cengir senyam-senyum, kenapa seperti itu karena apa yang diinginkan tercapai perut kenyang dapat tapi apa yang terjadi setelahiyu, Istri lari masuk ke dalam kamarnya nangis-nangis teriak-teriak . Suaminya tanya ada apa ini sebenarnya. Dijawab sama istrinya wahai suamiku bagaimana saya ndak Nangis bagaimana saya nggak teriak, pengemis di depan pintu adalah mantan suami yang sombong dan bakhil itu.

Kalau Allah sudah mentakdirkan merubah nasib seorang hamba ini semudah membalikan telapak tangan. Orang miskin jadi orang kaya, yang kaya Jadilah orang kaya yang dermawan yang tidak sombong, yang miskin jangan putus asa jangan patah semangat, selalu dan terus menerus berusaha untuk menjadi orang kaya yang dermawan. apa kata suaminya Ya Sudahlah tidak usah diinget-inget ndak usah dipikirin gak usah nangis, nggak usah nyesel dulu pengemis yang diusir oleh mantan suami itu aku.

Mudah-mudahan diberik kemudahan oleh Allah subhanahu wa ta'ala untuk bisa mengamalkannya. Amin amin ya robbal alamin.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Tidak ada komentar