NU Bontang

Tidurnya Orang Puasa Adalah Ibadah


 

Hadis "Tidurnya Orang Puasa Adalah Ibadah"


Nyonya bertanya soal hadis di atas tadi pagi karena ramai menganggap sebagai hadis palsu. Riwayat hadis ini memiliki banyak penilaian dari para ulama ahli hadis. Berikut penjelasannya:

- Al-Hafidz Al-Iraqi
Hadis ini tercantum dalam kitab Ihya':

ﺣﺪﻳﺚ «ﻧﻮﻡ اﻟﺼﺎﺋﻢ ﻋﺒﺎﺩﺓ»

Hadis: "Tidurnya orang yang puasa adalah ibadah"
Ditakhrij oleh Al-Hafidz Al-Iraqi:

ﺭﻭﻳﻨﺎﻩ ﻓﻲ ﺃﻣﺎﻟﻲ اﺑﻦ ﻣﻨﺪﺓ ﻣﻦ ﺭﻭاﻳﺔ اﺑﻦ اﻟﻤﻐﻴﺮﺓ اﻟﻘﻮاﺱ ﻋﻦ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻋﻤﺮ ﺑﺴﻨﺪ ﺿﻌﻴﻒ

Kami meriwayatkan hadis ini dalam kitab Amali Ibnu Mundah dari riwayat Ibnu Mughirah dari Ibnu Umar, sanadnya daif

ﻭﺭﻭاﻩ ﺃﺑﻮ ﻣﻨﺼﻮﺭ اﻟﺪﻳﻠﻤﻲ ﻓﻲ ﻣﺴﻨﺪ اﻟﻔﺮﺩﻭﺱ ﻣﻦ ﺣﺪﻳﺚ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﺃﻭﻓﻰ ﻭﻓﻴﻪ ﺳﻠﻴﻤﺎﻥ ﺑﻦ ﻋﻤﺮﻭ اﻟﻨﺨﻌﻲ ﺃﺣﺪ اﻟﻜﺬاﺑﻴﻦ.

Hadis ini diriwayatkan oleh Dailami dalam Musnad Firdaus, di dalamnya ada Sulaiman bin Amr An-Nakhai, salah satu pembohong (Takhrij Hadis Ihya')

- Imam Al-Baihaqi
Imam Al-Baihaqi mencantumkan hadis ini dalam kitab Syuab Al-Iman sebanyak 3 riwayat. Beliau hanya memberi penilaian daif, bukan palsu. Hal ini berdasarkan metode penulisan Al-Baihaqi di awal kitabnya yang tidak akan memasukkan hadis palsu:

ﻭﺃﻧﺎ - ﻋﻠﻰ ﺭﺳﻢ ﺃﻫﻞ اﻟﺤﺪﻳﺚ - ﺃﺣﺐ ﺇﻳﺮاﺩ ﻣﺎ ﺃﺣﺘﺎﺝ ﺇﻟﻴﻪ ﻣﻦ اﻟﻤﺴﺎﻧﻴﺪ ﻭاﻟﺤﻜﺎﻳﺎﺕ ﺑﺄﺳﺎﻧﻴﺪﻫﺎ، ﻭاﻻﻗﺘﺼﺎﺭ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﻻ ﻳﻐﻠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻘﻠﺐ ﻛﻮﻧﻪ ﻛﺬﺑﺎ. ﻓﻔﻲ اﻟﺤﺪﻳﺚ اﻟﺜﺎﺑﺖ ﻋﻦ ﺳﻴﺪﻧﺎ اﻟﻤﺼﻄﻔﻰ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺃﻧﻪ ﻗﺎﻝ:" ﻣﻦ ﺣﺪﺙ ﺑﺤﺪﻳﺚ ﻭﻫﻮ ﻳﺮﻯ ﺃﻧﻪ ﻛﺬﺏ ﻓﻬﻮ ﺃﺣﺪ اﻟﻜﺎﺫﺑﻴﻦ".

Saya mengikuti penulisan ahli hadis untuk menyampaikan apa yang saya perlukan berupa hadis berdasarkan riwayat sahabat dan kisah-kisah beserta sanadnya, serta meringkas hal-hal yang dipastikan dalam hati bahwa itu adalah riwayat palsu. Dalam hadis dari Rasulullah shalallahu alaihi wasallam: "Barangsiapa yang menyampaikan hadis dan dia tahu bahwa itu palsu maka dia adalah salah satu dari 2 pembohong" (Mukadimah Syuab Al-Iman)

- Muhaddits Salafi
Syekh Albani mencantumkan keseluruhan riwayat hadis ini dalam kitabnya Silsilah Dhaifah, ada yang dinilai palsu tapi ada yang sekedar dinilai daif. Tapi pada poin akumulasi beliau memberi penilaian daif saja.
Kesimpulannya adalah daif, tapi ada jalur riwayat yang di dalamnya ada perawi pendusta.
•] Pelatihan Modin secara offline di kantor Dinas Sosial Surabaya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama