NU Bontang

Sholat Jumat di Adelaide - Australia



Adelaide adalah ibu kota dan kota terbesar di negara bagian South Australia, Australia. Adelaide adalah sebuah kota pesisir dan di Samudra Selatan. Penduduknya berjumlah 1.500.000 jiwa dan luas wilayah metropolitan Adelaide adalah 870 km². Dari segi populasi, Adelaide adalah kota terbesar kelima di Australia. di Kota ini terdapat perguruan tinggi kelas dunia salah satunya yaitu Universitas Adelaide.


Universitas Adelaide adalah universitas negeri di Adelaide, Australia Selatan tepatnya di North Terrace. Perguruan tinggi negeri ini didirikan pada tahun 1874, Universitas Adelaide adalah universitas tertua ketiga di Australia. Hal ini terkait dengan lima penerima Nobel.

Jumlah mahasiswa di kampus ini sekitar 28.500 orang, dari mahasiswa lokal maupun berasal dari berbagai penjuru dunia. Baik mahasiswa level S1, S2, dan S3. Mayoritas  civitas akademika di kampus ini beragama non muslim. 

Meskipun demikian, civitas akademika cukup banyak yang beragama Islam. Perguruan tinggi ini memiliki perhatian yang baik untuk civitas akademika muslim. Di kampus ini disediakan musholla yang cukup representatif lengkap dan nyaman untuk menjalankan sholat maupun kegiatan keagamaan lainnya. 

Misalnya, di lantai 1 gedung Sekolah Bisnes Universitas Adelaide terdapat 2 ruangan yang dijadikan musholla, 1 ruangan untuk jamaah wanita dan 1 ruangan untuk jamaah laki-laki. Masing-masing  mushollah muat untuk 10 orang sholat berjamaah. 

Selain itu, di Gedung Union House lantai 6 terdapat musholla yang cukup luas yang dapat menampung sekitar 300 jamaah. Di tempat ini digelar sholat jumat sebanyak 2 sesi. Sesi 1 pukul 13.30 waktu setempat dan sesi 2 pukul 14.30. Sholat jumat digelar 2 sesi karena memang daya tampung ruangan ini tidak cukup untuk semua jamaah.

Sebagai Mahasiswa Universitas Mulawarman yang menempuh studi Summer/short Course di Universitas Adeliade, pada sholat Jumat, 13 Maret 2020 ini, kami mengikuti sesi 1. Bertindak sebagai imam dan khatib yaitu civitas akademika berasal dari Afrika. 
(No 3 dari kanan Imam Sholat Jumat)

Diawali dengan Adzan, lalu khatib menuju mimbar untuk berkhutbah jumat menggunakan bahasa inggris  sekitar 25 menit. Lalu sholat Jumat dan selesailah sesi 1. Sekitar jam 14.00 Para jamaah lainnya berdatangan untuk persiapan sholat jumat sesi 2.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama