NU Bontang

LDNU GELAR PERTEMUAN BULANAN PERDANA DI TAHUN 2020



Kegiatan pada edisi kali ini sangat spesial, sebab diadakan di pagi hari ini Ahad 12 Januari 2020 yaitu diselenggarakan mulai pukul 09.00-11.00 Wita.

Kegiatan di awali pembacaan sholawat dan Mahallul qiyam, dipimpin oleh Gus Amin Ketua MSB Kota Bontang sekaligus diiringi penabuh rebana Team LDNU yaitu: Ustadz Miftahul Alim, Ustadz Syamsul Arifin, Yai Abdulloh Kholish, Ustadz Khaqim, Ustadz Abdul Wahab H, Kang Randa Praduta.



Kemudian dilanjutkan Tahlil, yang dipimpin oleh Guru Sugianoor. Dan Doa di pimpin KH. Imam Hambali.

Acara Berikutnya adalah Pembacaan Kitab Sullamuttaufiq Bab Wudhu. Pada Kesempatan kali ini dibacakan oleh Ustadz Syahrizal Al Banjary.

Fardhu Wudhu
Salah satu syarat shalat adalah wudhu. Fardhu wudhu ada enam. Pertama, niat untuk shalat dalam hati, atau niat lain yang sah, kompilasi membasuh wajah. Kedua, membasuh seluruh wajah termasuk tempat tumbuhnya rambut kepala sampai dagu, dari kuping sampai kuping, rambut dan kulit kecuali bagian dalam jenggot dan jambang laki-laki berlapis tebal. Ketiga, membasuh tangan kedua termasuk siku dan yang di atas. Keempat, Mengusap kepala atau sebagiannya, Sementara satu rambut dalam batas kepala. Kelima, membasuh kedua kaki menemui mata, atau membawa khuf meminta persyaratan. Keenam, tertib.

Pasal: Yang dikeluarkan Wudhu

Yang membatalkan wudhu adalah perkara yang keluar dari dua jalan (depan belakang) kecuali mani. Menyentuh kemaluan manusia atau bundaran tanpa penghalang. Laki-laki sebaliknya kulit wanita dewasa Bukan mahram Sebaliknya istri begitu juga sebaliknya. Maka, wudhu orang yang setuju dan yang disentuh sama-sama batal setuju berbeda jenisnya dan masing-masing saling tertarik dan bukan mahram. Hilang tidur sambil menunggu orangnya duduk di tempat duduknya.

Pasal: Yang Wajib Setelah Keluarnya Sesuatu dari Dua Jalan

Wajib istinjak (bersuci) dari segala benda basah yang keluar dari dua jalan selain mani dengan cara membasuh dengan udara hingga suci tempat. Atau dengan mengusap tiga kali atau lebih sampai bersih dengan benda kasar, padat dan suci dan tidak dimuliakan bukan benda padat, basah, dan tidak dimuliakan seperti roti, tanpa memindahkan dan sebelum kering. Jika tidak, maka harus pakai udara.

Kemudian acara dilanjutkan dengan laporan Keuangan LDNU Tahun Anggaran 2019 sebagai bentuk akuntabilitas serta transparancy Lembaga, dirangkai dengan penjelasan Program-Program LDNU Tahun 2020:
1.   Pendataan Masjid/Musholla
2.   Pelatihan Tahsinul Qiroa'ah Internal LDNU
3.  Pendataan Kesediaan Muballigh LDNU untuk kegiatan Ramadhan 1441H
4.   Pertemuan dengan Takmir Masjid/Musholla
5.   Penjadwalan Kultum Ramadhan 1441
6.   Kegiatan Family Gathering LDNU
7.   Majelis Taklim Al Buchory LDNU
8.  Kegiatan Insidental  Silaturahmi dengan Para Yai-Pengurus Besar NU struktural/kultural yang hadir di Bontang
9. Pelatihan-pelatihan Keagamaan yang akan disusun menyusul disesuaikan dengan kondisi
10.  Buku panduan Ramadhan

Buku Panduan Romadhon untuk takmir & muballigh berupa ;
1. Doa sholat tarowih
2. Doa sholat witir
3. Bacaan bilal
4. Niat shoum romadhon
5. Doa berbuka
6. Niat zakat fitrah & maal
7. Bacaan takbiran
8. Keutamaan romadhon

Simak isi pengajiannya pada video di bawah ini.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama