NU Bontang

Gus Yahya menjadi Ketua MWA UI. Ini tugas dan wewenangnya

Bontang - KH. Yahya Cholil Staquf, yang lebih dikenal sebagai Gus Yahya dan merupakan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), telah resmi terpilih menjadi Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) untuk periode 2024-2029. 


Keputusan ini diambil berdasarkan Rapat Paripurna Senat Akademik UI yang dipimpin oleh Ketua Senat Akademik UI, Prof Budi Wiweko. Gus Yahya terpilih sebagai bagian dari unsur masyarakat dalam MWA. 


Selamat atas penunjukannya!


Berikut ini tugas dan wewenang Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Indonesia (UI) meliputi:


1. Menetapkan kebijakan umum UI setelah mendapatkan pertimbangan dari Senat Akademik dan Dewan Guru Besar¹.

2. Melakukan pengawasan terhadap kondisi keuangan UI¹.

3. Mengesahkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), Rencana Strategis (Renstra), dan Rencana Kerja Anggaran (RKA) serta mengevaluasi implementasinya¹.


4. Memberikan masukan kepada Rektor atas pengelolaan UI, dan pelaksanaan peraturan perundang-undangan¹.


5. Melakukan penilaian atas kinerja Rektor sekali dalam setahun, bersama-sama dengan Senat Akademik dan Dewan Guru Besar¹.


6. Mengangkat dan memberhentikan Rektor UI¹.


7. Menyelesaikan permasalahan UI yang tidak dapat diselesaikan organ lain setelah melalui pertimbangan rapat koordinasi antar organ. Jika tidak dapat diselesaikan oleh MWA, penyelesaian dilakukan oleh Menteri¹


MWA juga dapat mendelegasikan kewenangannya secara tertulis kepada Rektor untuk tugas-tugas tertentu. Dalam melaksanakan tugasnya, MWA dibantu oleh Komite Audit dan Komite Risiko¹[1]. Untuk informasi lebih lengkap, Anda dapat mengunjungi situs resmi Majelis Wali Amanat UI¹[1].


Referensi:

(1) Majelis Wali Amanat - Universitas Indonesia. https://www.ui.ac.id/people/majelis-wali-amanat/.

(2) Tentang Kami - Universitas Indonesia. https://mwa.ui.ac.id/tentang-kami/.

(3) Penjaringan Calon Anggota MWA UI 2024-2029 Unsur Masyarakat Dibuka, Ini .... https://tekno.tempo.co/read/1830757/penjaringan-calon-anggota-mwa-ui-2024-2029-unsur-masyarakat-dibuka-ini-tahapannya.

(4) Pemilihan MWA - Universitas Indonesia - ui.ac.id. https://www.ui.ac.id/pemilihanmwa/.

(5) undefined. https://mwa.ui.ac.id.

Post a Comment

أحدث أقدم