NU Bontang

Yasinan malam minggu



Oleh: KH. Makruf Khozin

Yasinan Malam Minggu

Ada tema wajib yang saya sampaikan di setiap Ranting NU di wilayah Taiwan, yakni soal amaliah Yasinan, Tahlilan dan seterusnya. Di antaranya adalah kebiasaan warga NU yang mengamalkan Yasinan di malam Jumat. Saya bawakan hadis yang dicantumkan oleh Al-Hafidz As-Suyuthi dalam kitab Al-Lum'ah, kumpulan hadis-hadis yang dianjurkan untuk diamalkan di hari Jumat atau malam Jumat, pada hadis ke 62 adalah anjuran baca Surat Yasin di malam Jumat.


Semalam, di Ranting NU Canghua, ada penanya yang berkaitan dengan keutamaan membaca Yasin di malam Minggu? Saya agak tertegun mendengar pertanyaan ini. Setelah dijelaskan oleh pengurus NU setempat bahwa para Pekerja Migran Indonesia (PMI) ini berkumpul di kantor NU Canghua tepat di malam Minggu sesuai hari libur kerja.


Seketika saya ingat beberapa hadis anjuran membaca surat Yasin di malam hari, termasuk malam Minggu atau malam lain. Yaitu:


"ﻣﻦ ﻗﺮﺃ ﻳﺲ ﻓﻲ ﻟﻴﻠﺔ ﺃﺻﺒﺢ ﻣﻐﻔﻮﺭا ﻟﻪ". (ﺣﻞ) ﻋﻦ اﺑﻦ ﻣﺴﻌﻮﺩ


Hadis: "Barang siapa membaca Yasin di malam hari maka dia mendapat ampunan" (HR Abu Nuaim dari Ibnu Mas'ud)


ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ - ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ -: " «ﻣﻦ ﻗﺮﺃ ﻳﺲ ﻓﻲ ﻳﻮﻡ ﻭﻟﻴﻠﺔ اﺑﺘﻐﺎء ﻭﺟﻪ اﻟﻠﻪ ﻏﻔﺮ ﻟﻪ» ". ﺭﻭاﻩ اﻟﻄﺒﺮاﻧﻲ ﻓﻲ اﻟﺼﻐﻴﺮ ﻭاﻷﻭﺳﻂ، ﻭﻓﻴﻪ ﺃﻏﻠﺐ ﺑﻦ ﺗﻤﻴﻢ ﻭﻫﻮ ﺿﻌﻴﻒ.


Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: "Barang siapa membaca Yasin di siang hari atau malam, karena mengharap pahala dari Allah, maka dia diampuni" (HR Thabrani. Di dalam sanadnya terdapat Aghlab bin Tamim, ia daif).


Tapi itu kan hadisnya daif? Sebentar dulu. Silakan simak uraian Syekh Syaukani ketika menjelaskan tuduhan hadis-hadis Yasin ada yang dituduh palsu atau daif:


حَدِيْثُ مَنْ قَرَأَ يس اِبْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ غُفِرَ لَهُ رَوَاهُ الْبَيْهَقِي عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ مَرْفُوْعًا 


Hadis yang berbunyi: 'Barangsiapa membaca Surat Yasin seraya mengharap rida Allah, maka ia diampuni' diriwayatkan oleh al-Baihaqi dari Abu Hurairah secara marfu'.


وَإِسْنَادُهُ عَلَى شَرْطِ الصَّحِيْحِ وَأَخْرَجَهُ أَبُوْ نُعَيْمٍ وَأَخْرَجَهُ الْخَطِيْبُ فَلاَ وَجْهَ لِذِكْرِهِ فِي كُتُبِ الْمَوْضُوْعَاتِ (الفوائد المجموعة في الأحاديث الموضوعة لمحمد بن علي بن محمد الشوكاني ١ / ٣٠٢)


Sanadnya sesuai kriteria hadis sahih. Juga diriwayatkan oleh Abu Nuaim dan Khatib (al-Baghdadi). Maka tidak ada jalan untuk mencantumkannya dalam kitab-kitab hadis palsu!" (al-Fawaid al-Majmu'ah I/302).


• Setelah ngaji dalil-dalil Amaliah NU dilanjut ikrar Syahadat dari warga Taiwan yang masuk Islam dan menyematkan songkok NU.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama