NU Bontang

Syarah Hadis Karya Kiai Madura

 


Syarah Hadis Karya Kiai Madura


Apa yang terkesan dalam pikiran anda tentang orang Madura? Secara umum tentu yang terbersit dalam pikiran anda bahwa orang Madura itu lucu, lugu bahkan konyol.


Kali ini saya menampilkan sosok orang Madura yang betul-betul berilmu yakni KH Ghozali, putra KH Muhammad Fathullah dari Pondok Lan-bulan Sampang. Beliau dan kakaknya, KH Barizi, adalah dua orang ulama yang menjadi murid Syekh Ismail Al Yamani, yang luar biasa mendalam keilmuannya, meskipun Kiai Ghozali tercatat sebagai kiai yang ahli di bidang ilmu hisab di Kemenag tetapi beliau juga memiliki kemampuan yang luar biasa di bidang ilmu hadis.


Mukhtarul Ahadis adalah kitab hadis yang menghimpun sebanyak 1585, yang berhasil diuraikan oleh Kiai Ghozali dalam bentuk Syarah setebal 4 jilid. Kitab ini metode uraiannya memiliki kesamaan dengan kitab syarah Faidhul Qadir Karya ahli hadis Syekh Abdul Rauf Al Munawi dari Mesir, baik Syarah perkataan atau biografi perawi dari Tabiin maupun Sahabat. Bahkan semua hadisnya dilengkapi dengan kitab matan hadis dan derajat kesahihan hadis atau pun kedaifannya.


Tidak berhenti di situ. Di bagian halaman akhir setiap jilidnya beliau cantumkan indeks, baik judul hadis, nama perawi dan lainnya. Ini bentuk kecermatan dari pengarangnya yang jarang diperhatikan oleh para penulis lain.


Kitab ini layak dijadikan pegangan dan bahan belajar bagi para da'i dan penceramah. Sebab hadisnya jelas memiliki sumber, serta pemahaman hadisnya juga berdasarkan penafsiran para ulama yang ahli di bidangnya.


Untuk pemesanan silahkan japri ke WA ustaz Muhammad Abbas Busro yang murah senyum tapi tidak mudah dirayu. Di no http://wa.me/6285323510050

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama