NU Bontang

Memperingati Harlah ke 5 LBH Ansor Kaltim, berharap LBH Kabupaten Kota Terbentuk

 

Ketua LBH Ansor Kaltim, Rusdiono (kanan) dan Ketua PW GP Ansor Kaltim, M. Fajri Al Farobi. (foto: sur/nk)


SAMARINDA. Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ansor Kalimantan Timur menyelenggarakan peringatan hari lahir (Harlah) LBH Ansor ke 5, di gedung PWNU Kaltim, Senin, 6 Juni 2022. Dalam kesempatan kali ini turut dihadiri oleh Pengurus Wilayah (PW) NU Kaltim dan Pimpinan Wilayah (PW) Ansor Kaltim, beserta beberapa perwakilan dari banom-banom NU.

Rusdiono, Ketua LBH Ansor Kalimantan Timur menyebutkan, LBH Ansor di Kalimantan Timur berdiri sejak tahun 2001, kemudian secara resmi terbentuk di pusat sekitar tahun 2015. Dion panggilan akrabnya menjelaskan, LBH Ansor saat ini telah menjalankan tugas dalam penanganan kasus-kasus hukum dan melakukan sosialisasi edukasi hukum ditengah masyarakat.

“Pembentukan LBH Ansor harus sesuai dengan prosedur yang ada, maka dari itu kelemahan atau kendala kita dalam membentuk Lembaga Bantuan Hukum Ansor di setiap kabupaten Kota”, ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk membentuk LBH Ansor di setiap kabupaten kota, LBH Ansor Kaltim akan mengagendakan pelatihan bantuan hukum dalam waktu terdekat, sehingga kader kader NU memahami bagaimana mekanisme pemberian bantuan hukum kepada masyarakat. Melihat generasi muda NU saat ini sangat minim yang terjun dalam dunia yudikatif, Dion berharap, semoga program pendidikan hukum yang akan di laksanakan dapat berjalan dengan sukses, dan tentu roda regenerasi organisasi terus berjalan berkelanjutan.

Sekretaris PWNU Kaltim, Dr. Abu Bakar Madani menyampaikan, adanya LBH Ansor di Kalimantan Timur harus bisa memperjuangkan kepentingan masyarakat khususnya masyarakat Nahdliyyin Kalimantan Timur.

“Selamat hari lahir LBH Ansor ke 5, semoga tahun depan LBH Ansor lebih solid dalam membangun hubungan dengan kelompok dan membantu masyarakat yang membutuhkan keadilan”, ujarnya.

Abu Bakar Madani mengucapkan terimakasih kepada PW Ansor, yang sudah mengawal agar LBH tetap eksis dalam menyelesaikan tugas dan tanggungjawab.

Ketua PW Ansor Kaltim, Fajri Al-Farobi dalam sambutannya mengucapkan, Dirgahayu LBH Ansor ke 5, dia menyampaikan LBH Ansor Kalimantan Timur saat ini masuk dalam kategori Lembaga Bantuan Hukum Ansor terbaik di Indonesia. Dengan adanya LBH Ansor cukup melengkapi proses perjalanan Pemuda Ansor, apalagi cara penyelesaian hukum yang cukup elegan mengadvokasi permasalahan di tengah masyarakat.

Robi berpesan kepada para kader yang hadir, “Sukses sahabat-sahabat LBH Ansor, maju terus , tetap melakukan langkah berkeadilan bagi semua,” ucapnya.

Sebelum ia akhiri, Robi berharap LBH Ansor bisa bersinergi bukan hanya di internal NU saja, tetapi juga di luar, mampu berkolaborasi dengan lembaga lembaga LBH yang ada, khususnya di Kalimantan Timur. (sur)


Sumber : nukaltim.id

https://nukaltim.id/peringati-harlah-ke-5-lbh-ansor-kaltim-harap-pembentukan-lbh-di-kabupaten-kota-terwujud/

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama