NU Bontang

Lesbumi PCNU Bontang, Gelar Pembukaan Rutinan Nyarkub!!

 

NUBontang.or .id | Menziarahi makam para wali merupakan salah satu hal yang sangat dianjurkan syariat, bahkan sudah menjadi budaya yang dilakukan secara luas oleh masyarakat Muslim di Indonesia khususnya para Pemahaman Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah, dengan niatan agar mendapatkan keberkahan dari para wali.   Selama berziarah, ada adab atau etika hal pokok yang tak boleh diabaikan, terlebih ketika yang sedang dikunjungi adalah makam para kekasih Allah. Etika tersebut berlaku sebagaimana layaknya kita hormat kepada mereka tatkala masih hidup. Di antara etika tersebut adalah mengucapkan salam, serta membaca berbagai macam dzikir dan doa-doa ketika berada di area makam para wali.

Salah satu bacaan yang dianjurkan untuk dibaca para peziarah makam wali adalah qasidah “salam kepada para wali”. Masyarakat sering menyebutnya sebagai qasidah “Salamullahi Ya Sadah”, mengambil nama dari penggalan bait pertama qasidah ini. Syair ini diciptakan Habib Abdullah bin ‘Alawi al-Haddad.   Qasidah yang bersisi salam penghormatan dan doa tersebut sebaiknya dibaca ketika baru datang ke makam dan sebelum beranjak dari duduk.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Pengurus dan Anggota Lesbumi PCNU Kota Bontang, Kamis, 26 Mei 2022 (Malam Jum'at)
Bertempat di Kuburan Muslim Bontang Kuala (Kota Bontang) kembali menggelar Ziarah makam para Aulia dan leluhur. 

Ditemui langsung oleh team warta cyber kerap di sapa Gus Amin (khoirul Amin) seligus Ketua Lesbumi PCNU Kota Bontang Mengatakan "Tujuan dari ziarah ini adalah salah satunya mengingatkan diri kita pada kematian bahwasanya manusia akan kembali pada sang penciptanya, dalam ziarah ini juga kita bisa tahu napak tilas sisih perjuangan dari para Aulia atau leluhur dalam memperjuangkan agama Islam, dalam moment ini kita sekaligus dapat ikut menjaga dan melestarikan situs-situs  bersejarah yang ada di kota Bontang.


Ditambahkan imbuhan Nyarkub atau ziarah kubur ini juga adalah bagian dari Implementasi dari Program Lesbumi PCNU Kota Bontang, selain itu Lesbumi juga bekerja sama dengan Pengurus Ranting NU Api-api di tiap bulannya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama