NU Bontang

LDNU Bontang sambut Ramadhan 1442 H


NUBONTANG.OR.ID _ Beberapa pekan lagi Bulan Suci Ramadhan 1442 H memghampiri umat Islam di seluruh dunia. Bulan Ramadhan merupakan momentum besar untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. 


Banyak hikmah yang dapat diambil, diantaranya Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat, ampunan dan pembebasan dari api neraka yang tidak dimiliki bulan lainnya, sehingga kedatangannya benar-benar dirindukan.


Hal ini sesuai dengan Hadist yang berbunyi. Dari Abu Hurairah RA, ia berkata bahwa Rosulullah SAW bersabda "Awal Bulan Ramadhan adalah rahmat, pertengahannya maghfiro sedangkan akhirnya itqon minan nar (pembebasan dari api neraka)" (HR. Al-Baihaqi).


Agar kegiatan ibadah di bulan suci berjalan dengan khusuk, benar dan lancar, LDNU Bontang sebagai Lembaga Dakwah terkemuka di Kota Bontang benar-benar mempersiapkan dengan sebaik-baiknya. 


Para pengurus LDNU Bontang melakukan koordinasi internal pada Rabu, 23 Maret 2020 setelah sholat Isyak di rumah Uztadz Achmad Riwayadi selalu wakil sekretaris LDNU Bontang. Pertemuan digelar dengan menerapkan standar kesehatan yang ketat. 


Rapat ini bertujuan untuk memantabkan berbagai persiapan yang diperlukan, seperti finaliasi jadwal muballigh LDNU terutama untuk mengisi ceramah sebelum sholat trawih, ceramah setelah Sholat Rowatib, dan kajian Kitab Suci Al-Qur'an, kajian Hadist yang akan digelar secara online maupun offline.


Setelah tahun lalu masjid tidak menyelenggarakan sholat trawih karena pandemi Covid-19 yang masih mencekam dan belum ada vaksinnya. Tahun ini, vaksin sudah tersedia dan sebagai bentuk menyempurnakan ikhtiar, seluruh muballigh LDNU Bontang sudah di vaksin fase 1, 2 dan siap menjalankan ibadah Romadhan dengan menjadi imam sholat trawih, mengisi ceramah trawih ceramah sesudah sholat rowatib dengan sebaik-baiknya yang sudah tentu tetap mengikuti protokol kesehatan.


Sudah banyak masjid di Kota Bontang yang berencana menyelenggarakan sholat trawih berjamaah sekaligus ceramah sebelum trawih dan meminta para muballigh untuk mengisinya. Dari 75 masjid dan musholla binaan LDNU Bontang, sudah 90% berencana menggelar sholat tarawih berjamaah + ceramah sebelum sholat tarawih atau hanya sholat tarawih tanpa ada ceramah sebelum sholat tarawih. 


Selain itu, banyak majelis taklim yang akan mengelar kajian keagamaan selama Ramadhan terutama secara online dan meminta muballigh untuk mengisi kajian tersebut, guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama