NU Bontang

Pembinaan Mubaligh LDNU Bontang pada Masa Pandemi, dengan Protokol Kesehatan yang Ketat


NUBONTANG.OR.ID. Ahad 31 Januari 2021 bertempat di Masjid Al Ikhlas Perumahan BTN PT Pupuk Kalimantan Timur, Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama Kota Bontang atau yang di kenal LDNU Bontang melakukan pembinaan Mubaligh baru Tahun 2021.


Tidak seperti biasanya, tahun ini pembinaan mubaligh baru terasa ada yang berbeda dari  tahun-tahun sebelumnya. Kita ketahui bersama tahun sebelumnya pembinaan mubaligh dilalui dengan 3 tahapan diantaranya yang pertama pendalaman Keaswajaan, kedua Tilawah dan Khutbah dan yang ketiga adalah tentang ilmu wawasan Ke NUan yang metodenya langsung Sowan dikediaman para mubaligh senior berpengalaman untuk mengaji dan berbagi pengalaman betatap muka langsung.




Namun saat ini dimusim pandemi Covid 19 ini LDNU kota Bontang tetap melakukan pembinaan terhadap para mubaligh baru dengan difokuskan pada satu tempat yaitu di masjid Al Ikhlas BTN PKT dengan standar protokol kesehatan yang ketat diataranya semuanya wajib memakai masker dengan benar, menjaga jarak, berwudhu sejak dari rumah. 


Ustadz Bukhori sebagai Ketua LDNU Bontang yang membuka pertemuan perdana pembinaan mubaligh.


Dalam kesempatan ini Ustadz Bukhori Nur menyampaikan harapan untuk para mubaligh baru dan meminta untuk menata niat ketika bergabung masuk dalam lembaga dakwah LDNU yaitu diniatkan khidmah pada NU dan berniat  memperbaiki diri ketika masuk ke LDNU Insyaallah, Allah SWT senantiasa meridhoi dan melindungi kita semua.




Pembelajaran dan sharing ilmu pada pertemuan perdana kali ini yaitu seputar. Ustadz Bukhori juga menekankan akan pentingnya belajar dan terus belajar mengasah ilmu terutama untuk bisa sowan kepada para mubaligh senior untuk menyerap ilmu para mubaligh yang telah lebih dulu berada di LDNU.


Secara umum, materi pokok pertemuan perdana diantaranya;

1. Syarat sah khutbah

2. Rukun-rukun khutbah

3. Fashohah (kefasihan bacaan ayat Qur'an, bacaan hadits & kalam ulama).

4. Intonasi saat khutbah

5. Isi materi khutbah


Mengingat musim pandemi yang tak kunjung berakhir, pembinaan mubaligh ini dilaksanakan ba'da isya' sampai pukul 22.00WITA, rencananya pembinaan atau pembekalan mubaligh ini akan berlangsung tiap minggu untuk belajar dan sharing bersama tentang Pendalaman materi.


Kontributor: Randa Praduta

Editor: Bahri

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama