NU Bontang

Mengenal Beberapa Aliran diluar Ahlussunnah wal Jamaah


72 Firqah diluar Ahlussunnah wal Jama'ah yang bertumpu pada 7 firqah :

1. Syi'ah, yaitu kaum yang berlebih-lebihan memuji Sayidina Ali bin Abi Tholib. Mereka tidak mengakui kepemimpinan Khalifah Abu Bakar As Siddiq, Khalifah Umar Bin Khattab dan Khalifah Usman bin Affan.

2.  khawarij, yaitu kaum yang berlebih-lebihan membenci Sayidina Ali bin Abi Tholib, bahkan ada sebagian yang sampai mengkafirkannya. Firqoh ini berkeyakinan, pelaku dosa besar statusnya kafir. Kaum khawarij terpecah menjadi 20 aliran.

3. Muktazilah, yaitu kaum yang berpaham bahwa Tuhan tidak mempunyai sifat, manusia membuat pekerjaannya sendiri, Tuhan tidak bisa dilihat dengan mata dalam surga, pelaku dosa besar diletakkan di antara dua tempat, dan Mikraj Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam hanya dengan ruh. Kaum mu'tazilah terpecah menjadi 20 aliran termasuk diantaranya adalah Qodariyah.

4. Murji'ah, yaitu kaum yang memfatwakan tidak apa-apa berbuat maksiat jika sudah beriman, dan sebaliknya membuat kebaikan dan kebajikan tidak bermanfaat jika kafir. kaum ini terpecah menjadi lima aliran.

5. Najariyah, yaitu kaum yang memfatwakan bahwa perbuatan manusia adalah makhluk yaitu dijadikan Tuhan tetapi mereka berpendapat bahwa Sifat Tuhan tidak ada. Kaum najariyah terpecah menjadi tiga aliran.

6. Jabariyah, yaitu kaum yang memfatwakan bahwa manusia adalah majbur artinya tidak berdaya apa-apa kasb atau usaha tidak ada sama sekali. Kaum ini hanya satu aliran.

7. Musyabbihah, yaitu kaum yang memfatwakan ada keserupaan Tuhan dengan manusia, misal bertangan, berkaki, duduk di kursi, naik dan turun tangga, dan semisalnya. Kaum ini hanya satu aliran pengikut Ibnu Taimiyah termasuk golongan kaum ini.

Sumber : Khazanah Aswaja

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama