NU Bontang

Pelatihan penyembelihan dan penanganan hewan qurban


NUBONTANG.OR.ID - Hari Raya Idul Adha 1440 H tinggal beberapa pekan lagi. Berbagai persiapan untuk menyambut dan menyemarakkan datang bulan kemenangan umat Islam sudah dilakukan.

Salah satu persiapan yang dilakukan yakni pelatihan penyembelihan dan penanganan hewan qurban.

Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) Kota Bontang menyelenggarakan pelatihan ini. Ir. Hj. Aji Erlynawati, MT. Selaku kepala dinas mendukung penuh kegiatan ini.

Kegiatan dilaksanakan pada Senin, 15 Juli 2019, bertempat di Auditorium Lama Kota Bontang dan di Rumah Pemotongan Hewan Qurban Bontang, sejak jam 07.00 hingga 16.00 Wita.

KH. Achmad Buchory Nur Hadi Pimpinan LDNU Kota Bontang dan Ustad Sunaryo menjadi nara sumber, dengan tema Metode Penyembelihan Hewan Ternak yang Memenuhi Kaidah Halal.

Materi kedua disampaikan oleh Dr. Drh. Denny Wijaya Lukman, M.Si dosen FKH IPB dan Auditor Halal RTH, dengan tema Metode Penyembelihan Ternak yang memenuhi kesejahteraan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner, serta metode penanganan daging yang ASUH.

Setelah selesai pemaparan materi dan tanya jawab, dilanjutkan dengan pengamalan langsung ilmu yang diperoleh dengan melakukan Praktik dan demontrasi pemotongan ternak sesuai Syariat Islam dan menangani daging qurban secara ASUH.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama