NU Bontang

LDNU Istiqomah Membina Rohani Warga LAPAS Kota Bontang


Bontang (10/5/19) - Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kota Bontang KH. A. Buchory NH., bekerja sama dengan Kepala LAPAS Kota Bontang Bapak Heru untuk senantiasa melakukan pembinaan rohani para warga LAPAS.

Dengan adanya kerjasama itu, LDNU dengan istiqomah memberi pembinaan rohani dan akhlaq kepada warga Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kota Bontang yang jumlahnya sekitar 1000 orang laki-laki dan 100 orang perempuan.

Pembinaan ini dilakukukan setiap Hari Jum'at melalui khutbah Ibadah Sholat Jum'at. Pembinaan lebih intensif juga dilakukan saat Bupan Suci Rhomadhon yang setiap malam sebelum sholat trawih. Para muballigh LDNU senantiasa memberikan ceramah agama agar para warga binaan lebih mengenal Agama secara detil dan mendalam, agar nantinya dapat menjadi bekal para warga binaan jika sudah kembali ke masyarakat.

Selain ceramah agama, para warga binaan diberikan pelatihan fardhu kifayah seperti mengurus jenazah, memandikan jenazah, mengkafani, mensholatkan dan menguburkan jenazah dengan baik dan benar. Fardhu kifayah merupakan hal-hal wajib yang harus dilakukan oleh sebagian umat Islam, jika tidak ada yang melakukan maka seluruhnya akan berdosa.

Sebagai sarana hiburan, warga binaan juga diberikan pelatihan kesenian Islami. Seperti sholawat dan rebana. Dengan demikian kesenian dan sholawatan tersebut dapat dilakukan di LAPAS dikala warga sedang jenuh dan kangen keluarga.

Dengan telaten para muballigh LDNU juga mengajari membaca Al-Qur'an dengan tartil dan tepat makhrijul khuruf beserta tajwidnya. Ayat demi ayat, surat demi surat di ajarkan pada segenap warga binaan cara membacanya dan juga dijelaskan makna yang terkandung didalamnya.

Semoga dengan adanya ikhtiar ini dapat menambah pemahaman Agama Islam yang baik dan benar pada warga binaan. Dengan demikian nantinya jika sudah kembali ke masyarakat menjadi orang yang sholeh dan diterima dengan lapang dada oleh semuanya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama