NU Bontang

Sambutan Ketua PCNU Bontang tentang pendidikan pesantren


Oleh: H. Khumaini Rosadi, SQ., M.Pd.I *)

Pesantren merupakan salah satu metode lembaga pendidikan islam dan model pendidikan yang tertua di Indonesia. Dari mulai dulu, ketika walisongo sunan ampel mendirikan pesantren, sampai sekarang tetap tidak pernah lekang dimakan zaman, model pendidikan Pesantren malah semakin berkembang dengan berbagai macam bidang dan spesialisasinya. Ada kitab kuning yang melahirkan para kyai, ada kemahiran bahasa asing yang melahirkan cendekiawan muslim, ada tilawah yang melahirkan para qori nasional dan internasional, ada tahfidz yang melahirkan para hafidz, ada hadroh dan rebana yang melahirkan seniman muslim, ada bela diri yang melahirkan pendekar-pendekar berhati ikhlas, dan masih banyak lagi berbagai ciri khas pesantren masing-masing. Sehingga mondok di Pesantren sangat baik untuk generasi milenial sekarang ini, mereka masih tetap bisa menyalurkan hobi olahraganya, menulisnya, teaternya, musiknya, dan lain-lain. 

Banyaknya pengaruh-pengaruh dari sosial media dan gaya anak muda sekarang, mudahnya mereka mengakses berbagai permainan dan aplikasi segala macam,  membuat tidak perduli dengan orang lain. Ditambah lagi, semakin banyak ajaran-ajaran menyimpang dan menyesatkan yang mudah tersebar melalui teman dan lingkungan, semakin perlu dikembangkan model pendidikan dan penanaman ilmu agama kepada anak-anak sekarang dengan model Pesantren.

Disampaikan pada acara peringatan isra mi’raj dan nishfu sya’ban menyongsong bulan suci Ramadhan di hari kartini 21/4/19 lalu, Ir. H. Kamilan – Ketua PCNU Kota Bontang – menyambut  baik dan berharap banyak agar kelak Pondok Pesantren Nurul Ichsan Bontang yang diasuh oleh KH. Khumaini Rosadi, SQ., M.Pd.I dapat berkontribusi melahirkan santri-santri yang berkualitas. Santri yang sopan santun kepada gurunya. Santri yang tabarrukan kepada ‘alim ulamanya. Tidak asal menyalahkan amaliyah orang lain, tidak merasa eksklusif paling benar, tidak suka mengintimidasi dengan bid’ah dan neraka. 

Kalimantan Timur, khususnya di Kota Bontang sudah mulai berdiri pesantren-pesantren yang insyaallah akan membentengi para santri dengan aqidah ahlussunnah wal jamaah. Mendidik dengan gaya pesantren seperti berdirinya dahulu. Memberikan wawasan keagamaan yang toleransi. Menciptakan generasi qurani dan tetap memiliki pengetahuan umum dengan sekolah di lingkungan pesantren. Karena pesantren di Bontang juga dilengkapi dengan jenjang pendidikan sekolah. 

Pondok Pesantren Nurul Ichsan Bontang berlokasi di Jalan Jati 1 Perengan Satimpo Bontang Selatan, berbatasan dengan Komplek Perumahan HOP 1 PT. Badak NGL. Pesantren ini masih alami, karena di sekelingnya ada kolam pemancingan milik Bapak Daud Padang dan kebun-kebun milik warga RT. 21 Satimpo. Sangat asri untuk menghafal alquran dan mengkaji ilmu-ilmu keagamaan. Semoga bermula dari tempat yang kecil ini, akan melahirkan orang-orang besar. Amiin.

* ). Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Ichsan ׀ Imam Rawatib Masjid Agung al-Hijrah Kota Bontang ׀ Dai Tidim Jatman ׀ Dai Ambassador Cordofa ׀ Dosen STITSYAM Bontang ׀ Guru PAI SMA YPK Bontang ׀ Penulis Buku dan Artikel Republika online 

Lebih baru Lebih lama