NU Bontang

Itsar dan keutamaannya


Sesungguhnya orang yang dermawan dan pelit terbagi menjadi beberapa tingkatan derajat. Paling tinggi orang dermawan adalah Itsar, yaitu lebih mementingkan orang lain dengan memberikan sesuatu yang ia Sendiri Lebih memerlukan. 


Tingkatan tertinggi dari pelit adalah menahan sesuatu harta yang ia sendiri memerlukan nya seperti orang yang sakit dan tidak mau ke dokter atau berobat karena takut mengeluarkan uang. sedangkan dirinya sendiri butuh untuk ke dokter. atau orang yang lapar ia tidak akan makan apabila makan itu harus dibayar dan ia mengeluarkan uangnya. sedangkan apabila gratis maka ia akan memakannya. Hal inilah dikenal dengan pelit atas dirinya sendiri.


Derajat Itsar merupakan derajat yang paling tinggi. Allah SWT memuji para sahabat nabi atas sifat Itsar yang mereka miliki, sebagaimana Quran Surah Al-Hasyr ayat 9 yang artinya "mereka mencintai orang yang berhijrah kepada mereka. dan mereka tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (orang Muhajirin) dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin) atas diri mereka sendiri. sekalipun mereka memerlukan (apa yang mereka berikan itu). dan siapa yang dipelihara Dari kekikiran Dirinya mereka itulah orang-orang yang beruntung".


Ibunda Aisyah radhiyallahu anha berkata "Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam tidak pernah merasa kenyang selama tiga hari berturut-turut sampai beliau meninggal dunia Kalau kami ingin maka kami bisa merasa kenyang akan tetapi Kami lebih mementingkan orang lain" (hadits riwayat Al Baihaqi).


Suatu hari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam didatangi tamu dan beliau tidak memiliki apa-apa untuk menjamu nya. lalu Beliau menawarkan kepada para sahabatnya dan salah satu sahabat Anshar bersedia menjamu. ketika sampai di rumah ternyata di rumahnya tidak ada makanan kecuali satu Potong Roti maka ia menyuruh istrinya untuk mematikan lampu dan ketika tamu itu makan roti sahabat tersebut pura-pura sedang makan. 


Esok paginya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam berkata kepada para sahabat tersebut, Allah sangat kagum atas apa yang kamu lakukan kepada tamu yang tadi malam, maka turunlah ayat Alquran "dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin) atas diri mereka sendiri sekalipun mereka memerlukan apa yang mereka berikan" (Quran surah Al-Hasyr ayat 9) (Hadis Riwayad Bukhor Muslim). dengan demikian Itsar merupakan derajat tertinggi bagi orang-orang yang dermawan dan sifat tersebut merupakan salah satu sifat yang dimiliki oleh Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam sehingga Allah mensifati Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dengan dapat 'Adziman yang berarti sangat Agung. "dan Sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung" (Quran surah alqalam ayat 4).


Referensi:

Disadur dari intisari kitab Ihya Ulumuddin karya Imam Al-Ghazali terjemah Kitab Tazkiyatun Nafs Mukhtashar Ihya Ulumuddin.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama